Membangun keunggulan dengan Benchmarking

BENCHMARKING

merupakan Suatu proses terus-menerus dan sistematis, untuk mengevaluasi produk, jasa dan proses kerja organisasi yang dianggap mewakili best practices untuk tujuan perbaikan berkelanjutan.

Perusahaan melakukan benchmarking untuk:

  • menetapkan dan mengimplementasikan sasaran strategis
  • menetapkan sasaran yang realistis (dapat dilaksanakan)
  • menciptakan sense of urgency
  • mendorong untuk senantiasa memberi yang terbaik dan berpikir inovatif
  • menciptakan pemahaman lebih baik mengenai industry meningkatkan kepekaan kepada perubahan kebutuhan pelanggan

Benchmarking bukan metode pengumpulan informasi yang serampangan. Benchmarking merupakan suatu proses evaluasi langkah demi langkah, terstruktur dan sistematis.

Sasaran Benchmarking adalah untuk mempelajari:

  • Apa yang perusahaan atau divisi lain lakukan?
  • Bagaimana perusahaan atau divisi lain melakukannya?
  • Seberapa baik perusahaan atau divisi lain melakukannya?

Benchmarking bukan:

  • Satu kali peristiwa saja
  • Kunjungan pabrik dan turisme industri
  • Mencontoh atau meniru
  • Memata-matai atau spionase
  • Kegiatan yang singkat dan mudah
  • Hitung-hitungan angka
  • Analisa kompetisi belaka

Benchmarking = terus menerus mencari cara lebih baik untuk peningkatan kinerja. 😆