MANAGING QUALITY ASSURANCE FOR BUSINESS IMPROVEMENT

Jadwal

Tgl 10 & 11 January, 2022 | Tgl 11 & 12 Mei 2022 | Tgl 4 & 5 Agustus 2022 | Tgl 13 & 14 Oktober 2022 | Tgl 8 – 9 Desember 2022 |

Latar Belakang

Pernahkan perusahaan Anda di hadapkan pada kondisi :

  • Banyaknya komplain dari pelanggan, baik melalui call center, surat, formulir saran, atau surat pembaca?
  • Tingginya waktu kerja terbuang untuk melakukan pekerjaan ulang, karena proses kerja tidak efektif?
  • Merasa kurangnya waktu kerja dibandingkan tugas kerja, karena tinggi kesalahan dalam proses?
  • Cost of Poor Quality (COPQ) meningkat  karena internal failure maupun external failure?

Masalah-masalah tersebut terjadi, karena kualitas proses yang tidak efektif. Maka, pengendalian kualitas proses, merupakan jalan menuju tingkat kesalahan nol (zero defect) dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan.

Managing Quality Assurance merupakan program pengendalian, pengawasan dan penjaminan kualitas yang sistematis dan terintegrasi dengan 4 pilar utama : Quality Planning, Quality Control, Quality System, dan Quality Improvement.

Dampak dari peningkatan kualitas proses, tentunya akan memberikan efek domino bagi : peningkatan kepuasan pelanggan, efisiensi proses, peningkatan performance bisnis, peningkatan  jumlah pelanggan, peningkatan ekspansi pasar, dan peningkatan keuntungan perusahaan.

Sasaran Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu :

  • Memahami pentingnya poengendalian kualitas proses sebagai keunggulan operasi perusahaan
  • Mengukur dan mengidentifikasi Cost of Quality dan Cost of Poor Quality
  • Memahami teknik dan konsep Manajemen Quality Assurance meliputi Quality Planning, Quality Control, dan Quality Improvement.
  • Menyusun rencana penerapan Manajemen Quality Assurance di perusahaan

Garis Besar Pelatihan

  • Managing Quality in The Organization
  • Principle of Quality Assurance
  • Develop Quality Planning
  • Measuring Cost of Quality and Cost of Poor Quality
  • Quality Policy Deployment
  • Develop Quality Control System
  • Improved Critical to Quality (CTQ) and Critical to Process (CTP)
  • Improved Quality Standard
  • Improved Capability Process and Stability
  • Develop Quality Improvement Program
  • Managing Quality Improvement
  • Implementing Total Quality Management and Six Sigma Quality
  • Case Study & Analysis

Metode  Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan.

Peserta Pelatihan

  • General Manager,
  • Senior Manager,
  • Manager,
  • Assistant Manager,
  • Supervisor,
  • Kepala Bagaian, dll.

Durasi

Dua hari (08.30 – 16.30)