PROJECT PROCUREMENT & RISK MANAGEMENT

Pendahuluan

Setiap proyek tidak terlepas dari kebutuhan terhadap barang dan jasa yang diperlukan untuk menyelesaikan jalannya proyek. Sekecil apa pun, ada saja barang dan jasa yang perlu diperoleh dari pihak ketiga.

Proses pengadaan atau procurement umumnya ditangani oleh bagian yang terpisah dari manajemen proyek, khusunya untuk pembelian dengan nilai cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan pihak manajemen proyek perlu melakukan koordinasi  dengan bagian pengadaan barang atau logistik.

SASARAN PROGRAM

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan :

  1. Mampu melakukan perencanaan pengadaan (procurement management plan) dari pihak ketiga, penentuan kriteria vendor, dan penentuan jenis kontrak
  2. Mampu melakukan pelaksanaan pengadaan (conduct procurement) terkait proses lelang, evaluasi calon rekanan, evaluasi harga
  3. Mampu melakukan pengawasan dan pengendalian pengadaan (control procurement)

GARIS BESAR PELATIHAN

  1. Principles of Project Procurement
  2. Project Procurement Initiation and Planning
  3. Vendor Selection and Management
  4. Non Tender Procurement
  5. Procurement through tenders
  6. Final Negotiation & Order Decision
  7. Project Procurement Monitoring & Control
  8. Contract Administration
  9. Project Procurement Closing
  10. Tips and Tricks on Project Procurement Management

METODE

Program ini akan menggunakan beberapa metoda, yaitu: Konsep-Contoh-Latihan-Rencana Penerapan, Role-Play dan Diskusi Kelompok.

PESERTA

  • Director
  • General Manager
  • Project Manager
  • Project Leader
  • Project Procurement Team
  • Project Engineering Team
  • Project Staff

Durasi

Dua Hari (08.30 -16.30)