DESIGNING KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) FOR BUSINESS IMPROVEMENT

JADWAL

Latar Belakang

Mengelola kinerja perusahaan secara efektif barangkali merupakan salah satu kiat kunci untuk melesatkan bisnis ke arah yang kian menjulang. Dalam konteks inilah, pengembangan key performance indicator (KPI) yang sistematis makin dirasa sebagai sebuah kebutuhan yang nyaris tak terelakkan.

KPI sendiri merupakan serangkaian indikator kunci dari implementasi strategi bisnis yang bersifat terukur, dan memberikan informasi kepada kita sejauh mana kita berhasil mencapai strategi tersebut. Namun, menurut majalah Fortune “hanya kurang dari 10% strategi bisnis berhasil diimplementasikan secara efektif”. Hal ini bukan disebabkan karena bad strategy, tetapi terutama karena bad execution.

Balanced Scorecard adalah sebuah metode yang digunakan banyak perusahaan dalam menyusun strategi bisnis, sekaligus men-translate strategi bisnis tersebut menjadi aplikasi nyata di tempat kerja. Maka dari itu, performance perusahaan, departemen, dan personal akan di ukur kinerjanya (Key Performance Indicator).

Dalam pelatihan ini, akan dibahas bagaimana menyusun KPI Perusahaan, KPI Departemen, dan KPI Personal/Individual. Juga teknik aplikasi, monitoring dan review dari implementasi sistem KPI ini.

Garis Besar Materi :

  • Business Strategy Through Balanced Scorecard
  • 4 Perspektif Balanced Scorecard
  • Developing Strategy Map
  • Developing Corporate Scorecard
  • Cascading Corporate Scorecard to Division/Depertment Scorecard
  • Identify Key Performance Indicators & Target
  • Bagaimana penyusunan KPI yang SMART tingkat perusahaan, departemen, dan karyawan
  • Bagaimaan menjadikan KPI sebagai driver kinerja
  • Penyusunan Rencana Operasi, dan target
  • Monitoring dan review KPI

Target Peserta
• Director,

  • General Manager,
  • Manager,
  • Assistant Manager,
  • Supervisor dan staff yang ingin mengembangkan kemampuan dalam melakukan perbaikan di tempat kerja

Durasi

Dua Hari (08.30 -16.30)