PROBLEM SOLVING & CONTINUOUS IMPROVEMENT THROUGH PDCA & 7 QC TOOLS

LATAR BELAKANG

Problem bukan untuk dihindari, melainkan untuk dihadapi dandiatasi, sehingga tidak ada peluang terulang kembali, bahkan dijadikan sebagai peluang untuk menuju perbaikan serta kemajuan. Problem solving merupakan proses untuk mencapai sasaran dengan mengatasi permasalahan yang terjadi selama perjalanan untuk mencapai sasaran tersebut. Proses ini harus dikuasai oleh setiap karyawan yang terlibat langsung di tempat kerja (Genba).

Namun dalam kenyataannya hal ini tidak terjadi, dikarenakan Pimpinan tempat kerja lebih banyak bertindak sebagai problem solver itu sendiri, bukan sebagai problem solver Capability builder yang membuat karyawan mampu memecahkan masalah secara mandiri. Practical Problem Solving adalah suatu pendekatan sistematis untuk menyelesaikan permasalahan dengan orientasi yang sangat kuat ke tempat kerja (Genba) dan melihat di mana permasalahan terjadi.

Penerapan Practical Problem Solving (PPS) akan membantu / meningkatkan ketrampilan karyawan. Menyelesaikan permasalahan yang terjadi sehingga sasaran yang ditetapkan dapat dicapai.

SASARAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan:

  • Memahami Prinsip dan Konsep Practical Problem Solving (PPS)
  • Mampu menggunakan metode Uji Korelasi dengan pendekatan ”Genba”
  • Mampu mengembangkan metode dan Basic Philosophy PPS di tempat kerja
  • Membantu anggota untuk menyelesaikan Problem secara efektif dan efisien

GARIS BESAR PELATIHAN

  • Prinsip dan Konsep Practical Problem Solving (PPS)
  • Penerapan Perbaikan berkelanjutan dengan Metode PDCA
  • Aplikasi 7 QC Tools dalam perbaikan PDCA
  • Membentuk dan memimpin TIM Problem Solving
  • Langkah – Langkah Problem Solving yang sistematis :
    • Define The Problem
    • Data Collection & Analysis
    • Root Causes Analysis
    • Improvement Plan
    • Doing Solution
    • Result Monitoring
    • Standardization
  • Mengukur, mereview, dan menilai hasil problem solving
  • Mengukur benefit dari problem solving : tangible & Intangible
  • Infrastruktur dan strategi penerapan di perusahaan

METODE

Program ini akan menggunakan beberapa metoda, yaitu: Konsep-Contoh-Latihan-Rencana Penerapan, Role-Play dan Diskusi Kelompok.

PESERTA

  • Manager,
  • Supervisor,
  •  Superintendent,
  • Staff yang ingin meningkatkan kompetensinya.

Durasi

Dua hari (08.30 – 16.30)