MASTERING EXCEL BEYOND FOR OFFICE DATA PROCESSING SYSTEM

JADWAL

Tgl. 13 – 14 Jan 2022 | Tgl. 23 – 24 Maret 2022 | Tgl. 22 – 23 Juni 2022 | Tgl. 10 – 11 Agustus 2022 | Tgl. 2 – 3 November 2022

Pendahuluan
Berdasarkan pengalaman mengadakan training di sejumlah perusahaan dari tahun 1993 – sekarang, muncul banyak permintaan dari sejumlah karyawan (accounting & finance, purchasing, production, sales, dll) akan adanya solusi yang efektif dan efisien untuk dapat melakukan otomatisasi pengolahan data dalam jumlah yang besar ( lebih dari 200000 record dalam satu sheet ), yang sumber datanya berupa file text hasil convert dari software aplikasi lain, contoh ; data file text hasil export dari Aplikasi SAP / ERP.

Kemudian database hasil convert tersebut harus dapat divalidasi secara cepat dan tepat agar dapat menghasilkan data yang benar. Kemudian kumpulan data tersebut dianalisa lebih dalam agar menghasilkan suatu informasi yang dapat memberikan masukan sebagai bagian dari strategic planning. Dan pada akhirnya, informasi tersebut harus dapat ditampilkan secara interaktif dan dinamis agar dapat memenuhi keinginan dari user yang menggunakannya.

Pengolahan data seperti itu tentunya tidak dapat dikerjakan oleh Ms.Excel XP, 2002 dan 2003. Sedangkan di Excel 2007 masalah-masalah tersebut semua dapat di atasi secara cepat dan tepat. Anda tidak perlu lagi membangun aplikasi program untuk menganalisa data dan membuat report dengan bahasa progam computer tertentu, yang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, karena semua hal tersebut di atas dapat dikerjakan dengan Excel 2007.

SASARAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Membaca dan memasukkan berbagai macam data : text file dan database yang lain yang jumlah record lebih dari 65.000 record ke dalam Excel 2007.
  2. Mampu memaksimalkan penggunaan fungsi atau metode pengolahan dan validasi data yang ada dalam aplikasi Microsoft Excel, agar pekerjaan pengolahan data menjadi jauh lebih cepat dan hasilnya lebih tepat.
  3. Membuat laporan yang menarik baik dalam bentuk summary table report dan summary chart report dengan metode interaktif dan visualisasi yang dinamis.
  4. Mampu menampilkan informasi data yang dibutuhkan secara tepat dan dalam waktu yang singkat, berdasarkan sejumlah criteria data yang diinginkan dengan cara yang mudah.
  5. Mampu membuat proses otomatisasi pekerjaan pengolahan data hanya dalam 1 penekanan tombol saja.
  6. Mampu membuat rumus penting untuk pengolahan data tidak terlihat di lembar kerja yang aktif dantidak dapat diedit oleh user lain, kecuali oleh Anda.
  7. Mampu membuat rumus untuk pengolahan data tidak dapat dicopy ke tempat lain oleh user lain, kecuali oleh Anda.

Outline :
1. wWhat’s New in Excel 2010
2. Read of Ribbon menu
3. How using database import
4. How using of Cell Address Automation.
5. How using of Data Sort
6. How using of Conditional Formatting
7. How using of Consolidate method.
8. How using of String Function
9. How using of Numeric Function.
10. How using of Remove Duplicates Tools
11. How using of Single and Multiple IF() Function.
12. How using of Logic Operator AND / OR.
13. How using Operational Table with LOOKUP Function
14. How using Operational Table with ADVANCE LOOKUP Function
15. How using Auto Filter with union field key and Custom Filter
16. How using Data Query with Advanced Filter.
17. How using of PivotTable method.
18. How using of PivotChart method.
19. How using of Format Cells for Locked and Hidden Cells
20. How using of Using Allow Users to Edit Range ( Permission User Access Setting )
21. How using of Protect Sheet ( Select Locked Cells and Select Unlocked Cells )
22. How using of Understanding and Implementation Macro and Record Macro.
23. Training evaluation.

AUDIENCE TARGET
Staff dan Leader yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel (Intermediate level) TRAINING METHOD :
1. 25% Theory
2. 75% Practices (Case study).
3. Dynamic and interactive training presentation

Durasi

Dua Hari (08.30 -16.30)