DEMAND MANAGEMENT & FORECASTING

Jadwal

Tgl 16 – 17 February 2022 | Tgl 19 – 20 Mei 2022 | Tgl 3 – 4 Agustus 2022 | Tgl 9 – 10 November 2022

PENDAHULUAN

Ketika sebuah perusahaan datang dengan masalah inventory management, masalahnya biasanya bermuara pada satu dari dua hal: out-of-stocks dan overstocks. Sekilas, dua isu ini tampaknya out-of-stocks dihasilkan dari penjualan yang secara tak terduga tinggi, dan overstocks dari penjualan yang secara tak terduga rendah. Keduanya hasil dari planning dan demand forecasting yang tidak memadai.

SASARAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan :

  • Memahami konsep demand dan forecasting
  • Memahami konsep forecasting qualitative dan forecasting quantitative
  • Memahami aplikasi forecasting dalam bisnis
  • Menggunakan tool-tool praktis dalam merencanakan, menjalankan, dan mengontrol stock dengan efektif dan efisien.
  • Memahami konsep dasar Inventory mgmt spt Inventory cost, metode mereview order, quantity order, ABC class, metode safety stock, stock counting dll.
  • Menggunakan KPI dalam inventory management
  • Memahami hubungan inventory mgmt dan warehouse mgmt

SILABUS

  • Definisi demand dan forecasting
  • Metode forecasting qualitative: pandangan personal, consensus team sales, estimasi management, market research, metode Delphi
  • Metode forecasting quantitative: data extrinsic, data intrinsic: naive forecasting, oving averages, weighted moving averages, exponential smooting.
  • Mengkombinasikan metode forecast
  • Menghitung forecast error
  • Peran, basic KPI, Tipe & fungsi inventory
  • Inventory sbg Uang: Kategori biaya yang berhubungan dgn inventory, Efek inventory pada laporan keuangan,
  • Perencanaan inventory:
    • Metode mereview order,
    • Quantity order,
    • Safety stock
  • Pengontrolan inventory:
    • ABC analysis,
    •  metode stock counting,
    • KPI (Key Performance Indicators)

PESERTA

  • General Manager,
  • Manager,
  • Assistant Manager,
  • Supervisor,
  • Staff.

Durasi

Dua Hari (08.30 -16.30)