Strategi Just in Time Partnership

JUST IN TIME adalah Menyediakan produk yang di order pelanggan dengan TEPAT JUMLAH , TEPAT SPESIFIKASI, TEPAT WAKTU, TEPAT BIAYA.

Salah satu strategi dalam Lean Management adalah PENERAPAN JUST IN TIME PARTNERSHIP, Yaitu membangun kerjasama produsen dan konsumen yang win-win solution untuk menghilangkan pemborosan dan efisiensi biaya operasional.

Sasaran strategi JIT PARTNERSHIP

#1. Supplier Quality Improvement

melatih, membimbing, dan meningkatkan kompetensi supplier dalam manajemen produksi, sehingga aktivitas dan inspeksi dipenerimaan dapat dieliminasi.

#2. Meminimalkan Raw Material di Pabrik

Raw material dibutuhkan, untuk alasan karena supplier tidak dapat diandalkan. Dengan meningkatnya keandalan supplier, pengiriman material dilakukan dalam lot kecil.

#3. Eliminasi Work in Process

Perencanaan kolaborasi memberikan panduan pada supplier kapan suatu material akan digunakan, kapan harus dikirimkan, dan kapan harus diproduksi.

#4. Eliminasi Supplier yang Lemah

Fokus pada Hubungan kerja sama jangka Panjang, dengan supplier yang handal. Bangun hubungan win-win solution.

Strategi JIT partnership lainnya:

•Kerja sama dengan supplier untuk meningkatkan kualitas

•Sehingga memangkas biaya kualitas di pabrik

•Kualitas yang lebih baik = persediaan yang lebih sedikit

 

Untuk informasi lainnya silahkan follow Linkedin & Instagram @Kaizenindo