JUST IN TIME adalah Menyediakan produk yang di order pelanggan dengan TEPAT JUMLAH , TEPAT SPESIFIKASI, TEPAT WAKTU, TEPAT BIAYA.
Salah satu strategi dalam Lean Management adalah PENERAPAN JUST IN TIME PARTNERSHIP, Yaitu membangun kerjasama produsen dan konsumen yang win-win solution untuk menghilangkan pemborosan dan efisiensi biaya operasional.
Sasaran strategi JIT PARTNERSHIP
#1. Supplier Quality Improvement
melatih, membimbing, dan meningkatkan kompetensi supplier dalam manajemen produksi, sehingga aktivitas dan inspeksi dipenerimaan dapat dieliminasi.
#2. Meminimalkan Raw Material di Pabrik
Raw material dibutuhkan, untuk alasan karena supplier tidak dapat diandalkan. Dengan meningkatnya keandalan supplier, pengiriman material dilakukan dalam lot kecil.
#3. Eliminasi Work in Process
Perencanaan kolaborasi memberikan panduan pada supplier kapan suatu material akan digunakan, kapan harus dikirimkan, dan kapan harus diproduksi.
#4. Eliminasi Supplier yang Lemah
Fokus pada Hubungan kerja sama jangka Panjang, dengan supplier yang handal. Bangun hubungan win-win solution.
Strategi JIT partnership lainnya:
•Kerja sama dengan supplier untuk meningkatkan kualitas
•Sehingga memangkas biaya kualitas di pabrik
•Kualitas yang lebih baik = persediaan yang lebih sedikit
Untuk informasi lainnya silahkan follow Linkedin & Instagram @Kaizenindo