Era industry digital, membuka banyak kesempatan untuk membangun ekspansi bisnis. Pelanggan memiliki banyak pilihan dengan banyak perusahaan baru yang bermunculan. Trend bisnis bergerak cepat : dari periode production issue, menjadi quality issue, dan kini masuk ke supply chain issue.
Supply Chain Sebagai Wahana Perubahan:
#1. Integrasi Supply Chain
Tidak hanya membangun integrasi antar entitas didalam perusahaan. Juga membangun kerjasama berdasarkan semangat sinergi dengan tujuan yang sama dan saling percaya, antara internal dan eksternal perusahaan: dari up stream, mid stream dan down stream.
#2. Strategic Partnership
Fokus pada strategi jangka panjang, yaitu membangun keunggulan dan daya saing yang langgeng.
Bukan lagi kerja sama dengan supplier berdasarkan harga yang murah (tender), tapi berdasarkan kecakapan kompetensi dan value advantage.
#3. Strategi distribudi
Inovasi terus menerus dalam perpendekan waktu pengiriman dan efisiensi biaya tranportasi dan distribusi.
#4. Desain Produk
Keragaman model produk yang banyak dengan material bervariasi sungguh menantang.
Perlu dikembangkan startegi pengembangan produk terstandarisasi, dengan produk yang beragam, tapi memiliki “poros” produk yang sama.
#5. Teknologi Informasi
Tujuan dari teknologi informasi dalam SCM adlaah menghubungkan beragam entitas dalam satu platform yang sama.
Sehingga mampu meacak produk berdasarkan data dan informasi seperti dalam keadaan fisiknya.
salam improvement!