Mengembangkan Lean Leadership di Tempat Kerja

LEAN merupakan strategi perusahaan untuk berfokus memberikan nilai maksimum kepada pelanggan dengan cara yang seefisien mungkin.

Seorang Lean Leader mumpuni dan handal dikembangkan di tempat kerja lansung. Bukan di ruangan meeting. Perusahaan senantiasa menumbuhkan pemimpinnya dari dalam untuk menghayati dan menghirup budaya.

Profesor Jeffrey Liker mengidentifikasi ada 4 karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang Lean Leader.

#1. COMMITMENT TO SELF DEVELOPMENT

Seorang Lean Leader, senantiasa terus menerus mengembangkan kompetensi dan kapabilitas diri.

Berkomitmen untuk terus bertumbuh = landasan dasar pengembangan Lean leadership

#2. COACH & DEVELOPMENT OTHER

Seorang Lean leader memiliki tugas sebagai “trainer” dalam melatih serta membentuk timnya untuk mencapai target.

Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar

#3. DAILY MANAGEMENT & KAIZEN

Filosofi dibalik Kaizen adalah pembentukan Lean Leader yang mumpuni dari bawah, melalui perbaikan terus-menerus.

Mengelola Kaizen setiap hari, untuk mencapai keunggulan setiap kali = cara elegan menjadi kelas dunia.

4. CREATE VISION & ALIGN GOAL

Hoshin Kanri membantu Lean Leader dalam memastikan tujuan strategis organisasi menjadi pendorong perubahan dan perbaikan berkelanjutan.

Hoshin Kanri menghilangkan pembrosan karena ketidaksemaan visi dan sasaran antara divisi atau departemen dalam organisasi

salam Improvement!