LEAN merupakan strategi perusahaan untuk berfokus memberikan nilai maksimum kepada pelanggan dengan cara yang seefisien mungkin.
Seorang Lean Leader mumpuni dan handal dikembangkan di tempat kerja lansung. Bukan di ruangan meeting. Perusahaan senantiasa menumbuhkan pemimpinnya dari dalam untuk menghayati dan menghirup budaya.
Profesor Jeffrey Liker mengidentifikasi ada 4 karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang Lean Leader.
#1. COMMITMENT TO SELF DEVELOPMENT
Seorang Lean Leader, senantiasa terus menerus mengembangkan kompetensi dan kapabilitas diri.
Berkomitmen untuk terus bertumbuh = landasan dasar pengembangan Lean leadership
#2. COACH & DEVELOPMENT OTHER
Seorang Lean leader memiliki tugas sebagai “trainer” dalam melatih serta membentuk timnya untuk mencapai target.
Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar
#3. DAILY MANAGEMENT & KAIZEN
Filosofi dibalik Kaizen adalah pembentukan Lean Leader yang mumpuni dari bawah, melalui perbaikan terus-menerus.
Mengelola Kaizen setiap hari, untuk mencapai keunggulan setiap kali = cara elegan menjadi kelas dunia.
4. CREATE VISION & ALIGN GOAL
Hoshin Kanri membantu Lean Leader dalam memastikan tujuan strategis organisasi menjadi pendorong perubahan dan perbaikan berkelanjutan.
Hoshin Kanri menghilangkan pembrosan karena ketidaksemaan visi dan sasaran antara divisi atau departemen dalam organisasi
salam Improvement!