COST REDUCTION STRATEGY

Jadwal

Tgl 6 & 7 January, 2022 | Tgl 13 & 14 April, 2022 | Tgl 4 & 5 Juli, 2022 | Tgl 3 & 4 Oktober, 2022 | Tgl 29 & 30 Desember, 2022

Latar Belakang

Dewasa ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Keterbukaan informasi dan revolusi teknologi membuat customer semakin mempunyai banyak pilihan terhadap produk yang dibutuhkannya. Kemampuan perusahaan untuk mengendalikan harga jual pun kini menjadi terbatas. Tidak lagi mudah bagi produsen mematok laba yang tinggi dengan menaikkan harga. Sebab harga yang tinggi membuat produk tersebut akan dijauhi oleh pembelinya. Pembeli akan lebih beralih ke produk yang berkualitas baik, namun berharga murah, serta mempunyai layanan purna jual cepat dan mudah.

Ironisnya, dengan kondisi pasar yang semakin sulit ini, manajemen justru dituntut untuk meningkatkan laba perusahaan. Tidak ada pilihan lain, bahwa tuntutan itu hanya bisa dilakukan jika perusahaan mampu menurunkan biaya (cost reduction) dan menghilangkan proses-proses yang tidak memberikan nilai tambah.

Namun, untuk sukses melakukannya tidaklah mudah. Dibutuhkan komitmen yang tinggi dari manajemen dan keterlibatan semua unsur dalam perusahaan. Tidak hanya bagian produksi, tapi juga bagian marketing, support produksi dan administrasi. Sehingga dalam konteks ini ego beberapa bagian yang merasa merekalah yang harus mendapatkan benefit tertinggi karena merasa paling berpengaruh bagi kelanjutan perusahaan menjadi tidak menemukan relevansinya.

Sasaran Pelatihan

  • Memahami filosofi konsep serta manfaat dari cost reduction
  • Memahami kondisi-kondisi yang dibutuhkan dalam penerapan cost reduction policy
  • Memahami metode-metode identifikasi non-added value proses, metode untuk peningkatan efektivitas dengan cost reduction
  • Mengetahui kendala-kendala dalam penerapan cost reduction
  • Mengetahui Best Practice dalam cost reduction

Garis Besar Pelatian

  • Filosofi dan perkembangan konsep Cost Reduction, tantangan dan hambatan
  • Kendala-kendala dalam penerapan cost reduction
  • Syarat paling utama Cost Reduction : Komitment Management – The Leader bukan The Manager
  • Reduction cost, Profit = Price – Cost, bukan Price = Cost + Profit
  • Identifikasi proses-proses yang menaikkan biaya : pemborosan, ketidakseimbangan, dan kelebihan beban (Muda, Mura, Muri)
  • Analisa Cost of Quality di perusahaan
  • Value Stream Analysis dan Cost Competitiveness
  • Perbaikan Terus Menerus untuk Efisiensi Biaya Proses
  • Perbedaan antara kaizen dan inovasi
  • Pembentukan gugus kendali mutu (QCC)
  • Kelompok belajar/improvement (Jishuken)
  • Kegagalan-kegalan dalam penerapan Cost Reduction Program
  • Best practice dalam Cost Reduction :
    – Cost reduction di Produksi
    – Cost Reduction di Quality Assurance
    – Cost reduction di Finance & Administrasi
    – Cost reduction di Marketing
    – Cost reduction di collection – Dll.
  • Streamlining The Organization
    • Three Levels of Cost Innovation Top-Down Deployment
    • How to Create a Master Improvement Story
    • How to Align and Deploy a Master Improvement Story

Metoda Pelatihan

Program ini akan menggunakan beberapa metoda, yaitu: Konsep-Contoh-Latihan-Rencana Penerapan, Role-Play dan Diskusi Kelompok.

Peserta Pelatihan

  • General Manager
  • Manager
  • Supervisor
  • Senior Staff
  • Karyawan lain yang ingin meningkatkan kompetensinya

Durasi

Dua hari (08.30 – 16.30)