QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) IMPLEMENTATION

Jadwal

Tgl 20 & 21 january, 2022 | Tgl 4 & 5 April 2022 | Tgl 28 & 29 Juli 2022 | Tgl 6 & 7 Oktober 2022 | Tgl 22 & 23 Desember 2022

Latar Belakang

Sejalan dengan berjalannya waktu tuntutan pelanggan semakin meningkat, perusahaan harus beroperasi semakin efisien dan produktivitasnya harus meningkat. Untuk itu, perusahaan mau tidak mau harus senantiasa melakukan improvement, baik yang sifatnya innovatif maupun Continuous Improvement (perbaikan kecil yang dilakukan terus menerus).

Namun gerakan improvement ini tidak akan efektif jika tidak melibatkan seluruh karyawan dalam melakukan tindakan perbaikan dan pencegahan. Melalui gerakan Continuous improvement ini setiap karyawan harus diberdayakan untuk memberikan ide dan melakukan perbaikan di tempat kerjanya.

Salah satu bentuk gerakan Continuous Improvement ini adalah Quality Control Circle (QCC) atau aktivitas kelompok kecil sebagai salah satu strategi penerapan Total Quality Management untuk meningkatkan produktivitas dan mutu para pelaksana di tempat kerja. Banyak perusahaan sudah mulai mengadopsi pendekatan ini untuk meningkatkan kinerja organisasinya. dan telah menghasilkan banyak improvement baik yang sifatnya penghematan financial, maupun non financial dan yang terutama adalah terbangunnya budaya mutu di perusahaan.

Untuk penerapan QCC di perusahaan, diperlukan Facilitator yang memiliki skill dalam memfasilitasi kegiatan perbaikan serta mengembangkan kreatifitas karyawan. Oleh karena itu para Facilitator QCC harus dibekali dengan pengetahuan yang mendasar baik tentang konsep Total Quality Management (TQM), bagaimana membentuk QCC dan mengembangkan infrastruktur yang menunjang kesuksesan QCC, di samping ketrampilan pemecahan masalah dengan DELTA (Delapan langkah tujuh alat dan Teknik Fasilitasi QCC).

Sasaran Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, Anda diharapkan mampu :

  • Memahami prinsip Quality Control Circle (QCC)
  • Memahami metode perbaikan dan peningkatan dengan QCC
  • Mampu menerapkan QCC di perusahaan
  • Mampu menyelesaikan masalah dengan QCC

Garis Besar Pelatihan

  • Konsep Total Quality Management & QCC
  • Membentuk dan memimpin TIM QCC
  • Proses Pemecahan Masalah (Daur PDCA)
  • Analisa masalah yang layak di jadikan tema QCC
  • Menganalisa data untuk mendapatkan baseline prioritas dan critical to process (CTP)
  • Menganalisa akar penyebab untuk mengidentifikasi faktor penyebab kritis
  • Menyusun rencana perbaikan yang smart
  • Melakukan perbaikan seseuai prinsip : Low cost, low effort, low risk, dan high impact
  • Memastikan hasil perbaikan efektif dan mengukur dampak dari perbaikan yang dilakukan
  • Menstandarkan aktivitas perbaikan
  • Tools dalam penerapan QCC :
    • Stratifikasi;
    • Lembar Data;
    • Grafik;
    • Diagram Pareto;
    • Histogram;
    • 6. Diagram Tulang Ikan;
    • Scatter Diagram
  • Teknik Presentasi & Peranan Fasilitator PDCA
  • Latihan memecahkan masalah dengan menggunakan DELTA

Metode

Program ini akan menggunakan beberapa metoda, yaitu: Konsep-Contoh-Latihan-Rencana Penerapan, Role-Play dan Diskusi Kelompok.

Peserta Pelatihan

  • Manager,
  • Supervisor,
  • Superintendent,
  • Staff yang ingin meningkatkan kompetensinya.

Durasi

Duta hari (08.30 – 16.30)