“Kang, perusahaan saya baru saja mendapatkan komplain dari pelanggan?”
Pelanggan komplain adalah sesuatu yang biasa. Cara menyikapi, investigasi, dan mengelola komplain akan menjadikan kita, dan perusahaan menjadi makin teruji.
Saat kita menginvestigasi sumber penyebab komplain lebih dalam. Menganalisa data dan fakta dengan turun ke lokasi. Berdiskusi dengan para pelaksana. Memahami aliran proses. Mendalami setiap kejadian dalam pekerjaan. Merekam bahkan mensimulasi proses kerja. Kita menemukan banyak hal terlewati selama ini. Kita mendapatkan inti masalah dengan belajar. Kita makin pintar dengan bersinergi.
Seperti gunung emas, saat kita gali penyebab komplain, semakin banyak manfaat kita dapatkan. Komplain pelanggan = memberikan “emas” yang selama ini tersembunyi.
11.20.2020 | Kang Dudung | Instagram : @kangdudungkc | Email : dudungkc@gmail.com
#kaizenindo #procenindo #tumbuhbersama