QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC)

Quality Control Circle (QCC) adalah sekelompok kecil karyawan yang secara aktif dan penuh motivasi untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah terkait kualitas di area kerja mereka. Salah satu bagian penting dari pendekatan Total Quality Management (TQM) adalah QCC, yang menekankan bahwa setiap pekerja terlibat dalam proses perbaikan berkelanjutan..

Dengan mengembangkan ide dan menerapkan solusi untuk meningkatkan kualitas, QCC menekankan pentingnya kerja sama, inovasi, dan rasa kepemilikan di antara karyawan. Dengan berfokus pada perbaikan terus-menerus, QCC membantu organisasi meningkatkan proses, produk, dan layanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memenuhi standar kualitas yang lebih tinggi.

Selain itu, penerapan QCC dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses atau produk secara keseluruhan. Ini karena QCC mendorong budaya pemecahan masalah, perbaikan, dan kerja sama tim yang berkelanjutan di tempat kerja. Metode kerja tim ini meningkatkan produktivitas, mengurangi cacat, dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan.

Proses QCC biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Pembentukan Tim QCC:

Sekelompok 5-10 karyawan dibentuk dari internal departemen atau berbagai departemen dan fungsi dalam organisasi. Kelompok ini harus beragam dalam hal keterampilan, pengalaman, dan perspektif.

  1. Pelatihan QCC:

Anggota QCC menerima pelatihan dalam teknik pemecahan masalah, pengumpulan dan analisa data, pengambilan keputusan, brainstoring, kontrol proses statistik, dan alat QCC lainnya.

  1. Identifikasi Masalah:

Anggota QCC mengidentifikasi masalah-masalah terkait kualitas tertentu dalam area kerja mereka. Fokus terhadap masaah yang mempengaruhi Big Q (Quality Besar): Quality of product, cost, delivery, safety, morale, productivity, dan environment.

  1. Analisis Akar Penyebab Masalah:

Setiap anggota QCC menganalisa proses kerja, mengamatinya dari berbagai faktor: manusia, metode, material, lingkungan, dan mesin (peralatan kerja). Dalam proses ini tim menggunakan data dan informasi lain untuk menganalisis akar penyebab masalah.

  1. Menggali Solusi:

Anggota QCC mengembangkan dan mengimplementasikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Solusi yang dikembangkan fokus pada preventive agar masalah yang sama tidak berulang.

  1. Implementasi Solusi:

Solusi yang telah ditemukan, kemudian diimplementasikan dan dipantau untuk memastikannya efektivitasnya. Data hasil penerapan di monitor. Perubahan yang terjadi di proses di kontrol.

  1. Evaluasi Hasil:

Anggota QCC mengevaluasi efektivitas solusi dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Pada proses ini, boleh jadi perlu dilakukan penyesuaian dan peningkatan teknis sesuai dengan kondisi lapangan.

  1. Presentasi Hasil:

Anggota QCC menyajikan hasil pekerjaan mereka kepada manajemen senior dan pemangku kepentingan lainnya. Apresiasi dan rekognisi biasanya diberikan pada tim yang telah menjalankan QCC secara efektif.

QCC yang efektif melibatkan karyawan dalam proses pemecahan masalah, memberdayakan tim untuk mengambil kepemilikan atas solusi dan mendorong perubahan positif dalam organisasi.

Selain itu, QCC juga mempromosikan budaya perbaikan terus-menerus dengan mendorong karyawan untuk berpikir kritis dan kreatif tentang isu-isu yang berhubungan dengan kualitas.

Pada 2023, Kaizenindo Consulting memberikan pelatihan Quality Control Circle (QCC) pada tim QCC PT. Sumitomo Construction Machinery Indonesia. Pelatihan ini berjaan dengan lancar dan sukses. (*) Tim konsultan Kaizenindo Consulting