Manakah pernyataan berikut yang tepat:
• Kesalahan tak dapat dihindarkan!!!
• Kesalahan dapat dihilangkan!!!
Kenyataanya:
· Selalu ada Biaya yang dihasilkan dari produk / jasa yang gagal
· Selalu ada pelanggan yang komplain dan kemudian lari karena produk / jasa tidak sesuai standar
Untuk melayani kepuasan pelanggan, perusahaan melakukan inisiatif inspeksi kualitas, untuk memastikan produk / jasanya sesuai spesifikasi.
Benarkah inspeksi menjamin kualitas?
Inspeksi seperti apa yang dapat menghilangkan produk / jasa cacat terkirim ke pelanggan?
Berikut ada 3 type inspeksi kualitas:
· Judgment Inspection
Menyortir defect dari produk yang diterima atau diproduksi.
Inspeksi = Menemukan Defect tetapi tidak menguranginya
· Informative Inspection
Mengurangi Defect dengan memberikan informasi kepada proses sebelumnya.
Inspeksi = menemukan defect yang sudah terjadi dan mengurangi terulang kembali
· Sources Inspection
Menghilangkan Defect dengan cara menangkap serta memperbaiki pada sumber penyebabnya.
Inspeksi = mencegah defect dan menghindari kerugian.
Aktivitas inspeksi mana yang ada di tempat kerja teman2? So, kembangkan kapabilitas ini menjadi sources inspection.
Untuk microblog ada di instagram dan Linkedin @kaizenindo (silahkan follow for more)