Persaingan bisnis disemua sektor semakin sengit. Teknologi baru bermunculan sangat cepat. Cara kerja berubah signifikan. Bagaimana perusahaan Anda mengembangkan strategi bisnisnya?
6 Strategi berikut dapat Anda jadikan referensi dalam persaingan bisnis. BUKAN hanya untuk bertahan. NAMUN untuk memenangkannya.
1. Restrukturisasi
melakukan struktur ulang organisasi perusahaan agar lebih efisien. Restrukturisasi diperlukan ketika perusahaan dalam keadaan seperti kapal yang berlebihan muatan, sehingga jalannya lambat dan khawatir tenggelam.
2. Ekspansi
aktifitas meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan cara menciptakan pasar baru, perekrutan karyawan kunci , penambahan fasilitas, membangun cabang baru, membeli perusahaan lain dan kegiatan lainnya. Momentum globalisasi dan kemajuan teknologi menjadi peluang bertumbuh.
3. Integrasi Vertikal (Hulu-Hilir)
Intergrasi ke hilir untuk memperoleh nilai tambah kepemilikan atau meningkatkan pengawasan pada distributor dan pengecer. Sasaran : memperluas kran pendapatan perusahaan.
Integrasi ke hulu untuk memperoleh nilai tambah dengan kepemilikan atau pengawasan pada pemasok. Sasaran : menstabilkan harga bahan baku sekaligus menurunkan risiko pengadaan.
4. Diversifikasi
strategi memvariasikan usaha, produk, investasi, jenis aset, dan sebagainya guna meningkatkan profitabilitas dari suatu perusahaan
5. Retailing
Peningkatan profitabilitas melalui kegiatan dalam penjualan barang atau jasa secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi bukan perusahaan.
6. Aliansi Strategis
Peningkatan keunggulan kompetitif melalui aliansi startegi beberapa pelaku usaha. strategi ini efektif karena relatif berbiaya dan berisiko rendah.
Aliansi strategis ini juga dapat dilakukan dengan supplier maupun customer.
Untuk microblog lengkap ada di instagrak @kaizenindo