SET UP A PROJECT MANAGEMENT OFFICE (PMO)

Jadwal

Tgl 22 – 23 Februari 2021

Tgl 7 – 8 Juni 2021

Tgl 13 – 14 September 2021

Tgl 20 – 21 Desember 2021

LATAR BELAKANG

Meningkatnya kompleksitas transformasi dalam pengelolaan proyek mengakibatkan meningkatnya ketidakstabilan pemenuhan parameter proyek : waktu, biaya, kualitas dan utilisasi sumber daya. Proyek-proyek ini dilakukan guna menunjang sasaran dan strategi organisasi dalam perubahan industri yang semakin dinamis.

Untuk itu, diperlukan pengelolaan proyek-proyek agar sasaran waktu, biaya dan kualitasnya dapat dicapai dengan baik. Adanya unit khusus dalam organisasi yang melaksanakan fungsi tersebut semakin dirasa perlu dan penting, yaitu Project Management Office (PMO). Berbagai bentuk dan jenis PMO tumbuh dan berkembang di berbagai organisasi.

Tetapi apa sebenarnya PMO? Bagaimana menentukan jenis PMO yang tepat untuk organisasi kita? Bagaimana merencanakan unit PMO dalam organisasi?

SASARAN PROGRAM

Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar untuk:

  • Memahami apa, mengapa dan bagaimana Project Management Office (PMO)
  • Mengembangkan peran dan tanggung jawab PMO dalam pengelolaan proyek
  • Mengembangkan fungsi PMO dalam Infrastructure Management, Technical Support, Resources Integration dan Business Alignment
  • Penerapan project management cycle sesuai PMBOK dalam pengelolaan proyek
  • Mengembangkan Project Management System yang unik untuk setiap perusahaan berdasarkan PMBOK

SILABUS PROGRAM

Hari 1:

  • Fundamental Project Management Office
  • Project Success & failure Rates
  • Why Project Management Office?
  • PMO Function: Pipeline, Operational, Audit
  • PMO Maturity Level
  • PMO Infrastructure Management
  • Project Governance
  • PMO Organization & Structure
  • PMO Facilities & Equipment Support

Hari 2:

  • PMO Technical Support
  • Project Administration
  • Project Mentoring
  • Project Auditing
  • Project Recovery
  • PMO Resources Integration & Management
  • Training & Education
  • Project Team Development
  • PMO Business Alignment
  • Customer Relationship Management
  • Vendor & Contractor Relationship Management
  • Business Performance Management

PESERTA

  • Manajer proyek
  • Kepala proyek
  • Team member proyek
  • Supervisor proyek
  • Karyawan yang sering terlibat dalam pengelolaan desain produk, manajemen vendor / subkontraktor, manajemen improvement, dll
  • Karyawan lain yang sering terlibat dalam pengelolaan proyek

METODE

  • Presentasi materi
  • Latihan
  • Study kasus
  • Analisa dan presentasi kelompok

Durasi

Dua Hari (08.30 -16.30)